Senin, 02 Februari 2009

Topologi jarinan komputer

Jaringan komputer adalah gabungan / kumpulan dari beberapa komputer yang saling berhubungan saling berhubungan satu sama lain.
Jaringan komputer adalah rangkaian komputer yang tersusun secara seri yang dapat melakukan pertukaran data maupun informasi.
Dalam jaringan dikenal yang namanya TOPOLOGI jaringan. Topologi jaringan merupakan rangkaian beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Adapun jenis-jenis topologi jaringan adalah se bagai berikut :
1. Topologi Bus
Pada topologi ini komputer server dan workstation dihubungkan secara berantai melalui kabel tunggal. Topologi ini mudah dikembangkan dan sederhana, namun bila salah satu workstation mengalami permasalahan maka yang lain akan terpengaruh. Berikut gambar topoogi bus.

2. Topologi Ring (Cincin)
Topologi ini mirip dengan topologi bus, bedanya topologi ring ujungnya saling berhubungan seolah membentuk lingkaran cincin. Pada topologi ini data mengalir searah, artinya seluruh komputer dalam jaringan akan ikut ambil bagian dalam mengolah informasi yang lewat, sehingga bila salah satu rusak maka akan berpengaruh terhadap keseluruhan jaringan. Berikut gambar topologi ring.

3. Topologi Star (Bintang)
Dalam topologi ini, setiap komputer dihubungkan secara langsung melalui media perantara berupa hub/switch. Dalam praktiknya, pembangunan sebuah jaringan biasanya tidak menggunakan satu topologi saja, melainkan gabungan dari beberapa topologi yang ada. Berikut gambar topologi star (Bintang).

Sebenarnya topologi jaringan bukan hanya 3 contoh diatas, akan tetapi ada banyak topologi jaringan. Namun yang paling sering di jumpai dalam praktik adalah ketiga contoh topologi diatas.
4. Topologi Mesh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar